Translate

Rabu, 12 Juni 2013

Mau Kuliah Gratis Jawabannya ada di Bogor EduCARE (BEASISWA PENUH /Full Scoollarship)


Apa itu Bogor EduCARE?

Bogor EduCARE adalah lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Peduli Pendidikan Mandiri. Bogor EduCARE ini berlokasi di Jl. Cikiray Rt. 03 Rw. 06 Sukaraja Bogor telp. (0251) 8271607 fax. (0251) 8271608.
Berdirinya lembaga ini berawal dari keprihatinan Bp. H Achmad Kalla mengenai kualitas karyawan diberbagai perusahaan yang kurang memiliki kemampuan bahasa Inggris dan komputer, sehingga muncul gagasan menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris dan komputer. Sasaran dari program ini ditujukan kepada lulusan SMU/Sederajat yang kurang mampu dalam biaya tapi punya kemauan besar untuk menambah pengetahuan. Dengan bantuan dari berbagai pihak yang ada di PT Bukaka Teknik Utama maka akhirnya lembaga ini dapat berjalan dengan baik sampai dengan sekarang.
Pada awalnya banyak yang tidak percaya terhadap penyelenggaraan program pendidikan ini karena mahasiswa tidak dibebani biaya apapun (gratis) alias BEASISWA PENUH (Full Scoollarship). Diantaranya berprasangka bahwa gratis hanya dipermulaan saja, dipertengahan akan dipungut biaya, ada juga yang mengakhawatirkan adanya motif-motif lain (misal: politik) dibalik penyelenggaraan ini, sehingga di awal berdirinya susah sekali mendapatkan mahasiswa.
Namun sekarang anggapan tersebut mulai berangsur hilang karena realisasinya memang betul-betul gratis tanpa motif yang negatif. Peresmian yang sekaligus sebagai orientasi mahasiswa angkatan pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 09 Agustus 2001 berlangsung dengan meriah walaupun masih dengan fasilitas yang terbatas. Acara tersebut diselenggarakan di Jl. Panaragan Kidul No 18 Bogor. Pada angkatan pertama ini jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 30 orang dari jumlah 75 yang mengikuti tes seleksi. Sampai dengan Oktober 2012 Bogor EduCARE telah memiliki 16 angkatan dengan total lulusan sebanyak 775 mahasiswa, angkatan 14 sebanyak 190 mahasiswa sedang melaksanakan Praktek Industri, dan yang masih aktif yaitu angkatan 16 sebanyak 205 mahasiswa.
Sistem Perkuliahan

Para Mahasiswa/i baru Bogor EduCARE akan menjalani perkuliahan selama satu tahun penuh yang terbagi ke dalam 3 Caturwulan. Untuk mendorong para mahasiswa/i meningkatkan kemampuan belajarnya, Bogor EduCARE menerapkan sistem Drop Out tiap caturwulannya. Artinya, para mahasiswa yang tidak mampu berprestasi dengan baik atau setidaknya mampu melebihi standar minimal IP yang ditetapkan, maka dengan sangat menyesal mereka tidak dapat melanjutkan ke caturwulan berikutnya. Setelah menempuh pendidikan satu tahun lamanya, mereka diwajibkan melakukan kegiatan Praktik Industri di perusahaan dan membuat laporan hasil Praktik Industri sebagai sebuah syarat kelulusan. Jadi total waktu yang mereka tempuh selama memperoleh pendidikan di sana adalah sekitar 2 (dua) tahun. Kegiatan belajar mengajarnya pun dilakukan dari hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 pagi hingga 16.00. Selama satu tahun mereka akan mengenyam berbagai macam mata kuliah seperti Pendidikan Agama Islam, Administrasi, Komputer, Bahasa Inggris dan Desain Grafis. Artinya, Bogor EduCARE tidak menerapkan sistem fakultas layaknya sekolah-sekolah tinggi kebanyakan.
Syarat Pendaftaran
A. Pendaftar adalah :
  1. Pria/Wanita lulusan SLTA/ sederajat/ Paket C (maksimal usia 22 thn),
  2. Belum Menikah / belum pernah menikah,
  3. Beragama ISLAM dan
  4. Berasal dari keluarga TIDAK MAMPU
  5. Foto Copy Ijasah/Surat Tanda Kelulusan + Daftar Nilai + NEM dengan menunjukkan aslinya.
  6. Mengisi Formulir Pendaftaran (Gratis disediakan oleh Bogor EduCARE).
  7. Foto Copy KTP/Identitas yang masih berlaku.
  8. Foto Copy Kartu Keluarga.
  9. Foto Copy Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW yang ditandatangani Lurah/Kepala Desa.
  10. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Slip Gaji
  11. Surat ijin dari Orang tua (ditandatangani Bapak&Ibu).
  12. Rekening Listrik bulan terakhir
  13. Pas Photo Berwarna 2X3 : 2 Lbr dan 3×4 : 2 Lbr.
  14. Download Formulir Pendaftaran disini
  15. Isi formulir pendaftran lalu kirim via pos dalam amplop coklat besar tertutup beserta kelengkapan dokumen persyaratan lainnya.
  16. Nomor Tes akan dikirim lewat e-mail, diprint dan wajib dibawa sebagai bukti pada saat mengikuti test tertulis
Tempat Pendaftaran / Alamat Kampus :



B. Calon mahasiswa datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan 
membawa persyaratan:
(Semua persyaratan dimasukkan ke dalam amplop coklat besar)
C. Pendaftaran Jarak Jauh (Luar wilayah JABODETABEK):
Bogor EduCARE
Jl.Cikiray RT.03 RW.06 Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor 16710
Telp. (0251) 8271607 Fax. (0251) 8271608
CP : Nurul Af Idah W dan Chandra Pradipta/Ita Rosita
Senin-Jum’at jam 08.00-16.00 (jam istirahat 11.15-12.45)
Info selengkapnya silahkan buka halaman http://pmb.bogoreducare.org/tempat-pendaftaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories