Translate

Senin, 08 Desember 2014

Apa Definisi Dewasa Menurut Kamu ????

Dewasa…!!!!

Beberapa kali kata diatas ditanyakan pada diri saya. Dan mungkin juga beberapa teman mengalami hal yang sama. “ gimana sih biar jadi dewasa ?”, “ apa sih yang namanya dewasa?” dan seabreg pertanyaan dengan berbagai versi..jika dilihat dari jawaban atau defini juga muncul dengan berbagai versi.ada yang mengatakan dewasa itu :” sikapnya tenang, tidak banyak omong. Atau bicara seperlunya…” namun ada juga yang berkata dewasa itu mampu berpikir dengan banyak pandangan untuk menghadapi masalah.

Yahhhh apalah defini dewasa itu memang sangat relatif untuk setiap orang. Setiap orang boleh saja memiliki suatu defini dewasa sementara…ini penting untuk memberikan acuan pada sikap kita. Karena dewasa adalah suatu keadaan yang tercapai bukanlah suatu yang diharapkan.

Analogi kedewasaan menurut thermodinamika.

Suatu keadaan system thermodinamika, dapat dinyatakan dengan suatu property/nilai yang menunjukkan suatu keadaan unik suatu system. Properti ini biasanya dinyatakan dengan nilai tekanan, volume spesifik, suhu, entropy dsb. Nilai ini yang bersifat unik. Karena satu saja nilai berbeda menyatakan bahwa keadaan itu telah berubah atau berbeda dengan keadaan yang lain. Keadaan ini tidak tergantung pada jalur reaksi (path). Artinya reaksi apapun yang terjadi dapat saja mengakibatkan suatu keadaan yang sama.

Lalu bagaimana dewasa itu???

Tentu saja dewasa ditunjukkan oleh suatu nilai-nilai keadaan (properti) yang biasanya bersifat unik untuk setiap orang. Peristiwa, pendidikan, gemblengan apapun yang dialami oleh seseorng dapat saja mengakibatkan suatu pemahaman mendalam terhadap sesuatu yang sama. Semisal arti pentingnya tepat waktu. Ada yang benar-benar memahami arti penting tepat waktu setelah kehilangan kesempatan emas yang telah dinanti lama akibat kecerobohannya memandang ketepatan waktu kehadiran. Ada pula yang memahaminya setelah memperoleh sesuatu yang berharga pada tepat waktu setelah sebelumnya terbiasa mengabaikan sikap tepat waktu. Bermacam-macam lah pengalaman yang dialami. Namun dapat menghasilkan sesuatu yang sama.

Jadi kedewasaan adalah suatu keadaan. Pertanyaannya adalah keadaaa yang mana dari seseorang yang menunjukkan kedewasaan????

Sebagian dari Anda mungkin lebih memandang bahwa dewasa lebih pada kematang mental dibanding fisik. Karena kita mungkin tidak akan berharap bahwa anak sd sudah mampu bersikap dewasa. Namun kita akan heran jika suatu saat anda menemukan bahwa anak sd mampu melakukan sikap seperti orang dewasa. Misal mengalah terhadap adiknya yang lebih kecil untuk hal-hal yang sepele. (bahkan sikap ini terkadang susah dilakukan oleh orang yang sudah berumur dewasa). Apakah anda setuju bahwa kedewasaan muncul dari kemampuan orang untuk belajar dari pengalaman hidup yang dialaminya?? jika ya, anda sependapat dengan saya. Saya selalu percaya bahwa setiap masalah setiap cobaan atau apapun yang terjadi diluar yang diharapkan atau diperjuangkan merupakan pintu gerbang bagi sebuah pendewasaan. Lalu apakah sesuatu yang menyakitkan atau mengecewakan merupakan pembelajaran?atau ada sesuatu yang membanggakan atau membahagiakan juga merupakan suatu pembelajaran??

Dari sudut pandang saya, kedewasaan merupakan kemampuan untuk menggunakan potensi mentalnya untuk menghadapi hidup. Potensi mental seseorang mungkin sama. Namun seberapa besar potensi itu dapat tergali menjadi kekuatan??? Ini yang memerlukan umpan dari luar sehingga mental dengan sadar menggunakan semua potensi yang dikandungnya untuk menghadpi hidup. Logika dan perasaan memerlukan keseimbangan untuk menujukkan kedewasaan karena itu logika harus senantiasai diasah untuk menghadapi permasalahan hidup dan begitu juga dengan perasaan harus ditingkatkan pula intuisinya sehingga mampu merasakan sesuatu yang terbaik untuk dipegang dalam menghadapi masalah hidup. Ingat bahwa kita punya ego yang sangat dekat dengan perasaan sehingga terkadang ego menjadikan perasaan kita sebagai kuda tunggangan. Namun begitu, kita juga dibekali logika sehingga menjadi pengendali kedua terhadap perasaan kita sehingga tidak muncul menjadi rasa egois yang berlebihan. Intinya keseimbangan antara perasaan dan logika adalah modal utama menuju kedewasaan diri. Anda punya pendapat lain tentang kedewasaan..ayo kita bicarakan bersama demi kedewasaan bersama...

Ini beberapa pendapat yang disampaikan mengenai dewasa:
Berpikir dan bertindak mandiri, dimana kita mampu untuk memikirkan hal perlu diutamakan dan mana yang di nomor duakan.selain itu mampu menghilangkan atau meminimalkan sikap atau sifat kekanak-kanakan. ( Intan)

Bagaimana seseorang memiliki tanggungjawab yang besar terhadap apa yang dia lakukan/kerjakan. (Harland)

Tau apa yang diperbuat dan apa akibatnya, bias membedakan apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan (Novi)

Berani menghadapi hidup dengan mengandalakan tuhan karena God is Unlimited (Stefani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories